adada
Melayani dengan sepenuh hati
0363-21220

Waspadai Timbulnya Gangguan Kamtibmas dari perairan Dan Pesisir Sat Polairud Polres Karangasem Rutin Gelar Patroli Perairan

Polda Bali – Polres Karangasem – Sat Polairud

Ditengah situasi yang kondusif serta menjelang digelarnya Puncak KTT G20 di Nusa Dua Bali pada November 2022 Giat Harkamtibmas menjadi tugas utama Polri dalam rangkam menyukseskan even internasinal KTT G20. Berdasarkan Hal ini lah Kasat Polairud polres Karangasem AKP I Gusti Agung Bagus  Suteja S.IP., M H., mengarahkan personelnya untuk meningkatkan kegiatan rutin yang menjadi tugas Pokok Sat Polairud  yakni melaksanakan Harkamtibmas melalui kegiatan Patroli Perairan dan pesisir serta giat pengamanan dan pengaturan di kawasan pelabuhan Padangbai.

Kamis, 27 Oktober 2022, mengingat sebagian personel sedang melaksanakan Giat Ops Cipkon Agung, maka pelaksanaan Apel Fungsi diadakan di Pelabuhan Padangbai sekaligus penyampaian APP  pelaksanaan patrol perairan. Apel dipimpin KBO  Sat Polairud  Polres Karangasem Ipda I Made Dana. Usai pelaksanaan sekira   pukul 08.20 Wita Crew KP XI – 1027 Sat polairud polres Karangasem sudah melaksanakan persiapan patroli dengan melaksanakan pengisian BBM dan pemanasan mesin. Pukul 08.45 wita Tim Patroli Sat Polairud polres Karangasem yang dipimpin Ipda I Made dana dan Komandan Kapal Bripka I Wayan Putu Sutarjana bertolak dari Pangkalan mumbul langsung menuju perairan Padangbai.

KBO Sat Polairud Polres Karangasem Usai pelaksanaan Patroli menyampaikan Unit patroli Sat Polairud Res Karangasem  terus berupaya melaksanakan perintah pimpinan baik dari Kasat Polairud maupun pimpinan Polres Karangasem untuk melaksanakan harkamtibmas kawasan pesisir dan perairan dalam menyukseskan KTT G20, meski pelaksanaan tidak di wilayah Karangasem namun munculnya gangguan kamtibmas dapat berasal dari mana saja mengingat wilayah Karangasem memiliki  gerbang masuk Bali melalui pelabuhan Padangbai, dermaga Fast Boat Padangbai dan Amed serta wilayah pesisir yang panjang yang berpotensi menjadi sumber gangguan kamtibmas. Dengan pertimbangan inilah pelaksanaan patrol terus di tingkatkan untuk mengontrol kegiatan di kawasan pelabuhan serta pesisir-pesisir yang berpotensi menjadi pelabuhan tikus masuk Bali. KBO menjelaskan hari ini pelaksanaan patroli di mulai dari Padangbai mengontrol kolam pelabuhan Padangbai lanjut mengawasi aktivitas wisata perairan di Bloo Lagoon hingga Labuhan Amuk, selanjutnya patroli dilanjutkan mengontrol aktivitas bongkaran Kapal Tangker di pelabuhan Depo Manggis melaksanakan himbauan kepada nelayan  yang keluar masuk kawasan perairan pesisir Manggis untuk selalu mewaspadai olah gerak kapal  yang cukup padat shingga tidak menimbulkan Laka Laut. Usai memantau perairan Manggis, tim Patroli langsung mobiling melintasi perairan Candidasa menuju peraitan Tepekong  Pada Koordinat S 8°32'49.7184"    E 115°37'54.3216" untuk mengontrol aktivitas wisata Tirta.  Situasi perairan yang relative Landai dengan cuaca yang cerah serta giat perairan ang didominasi giat wisata tirta, pelayaran penyebrangan Fast Boat dan Kapal Ferry tim patroli kembali menuju pangkalan mumbul dengan rute mengarah pada alur penyebrangan kapal Ferry. Kegiatan patroli hari ini juga merupakan bagian dari  upaya mengantisipasi keluar masuknya hewan ternak secara ilegal melalui pesisir dalam upaya mengantisipasi penyebaran PMK Jelas Ipda I Made Dana.

Nihil hal-hal menonjol sepanjang  kegiatan Patroli, Crew KP XI 1027 merapat di pangkalan Mumbul padangbai pada Pukul 10.40 Wita dan seluruh rangkaian kegiatan patroli berjalan lancar .