adada
Melayani dengan sepenuh hati
0363-21220

Sat Polairud Polres Karangasem Jalin silahturahmi Dengan Basarnas dan Bakamla Untuk Mempererat kerjasama dalam Pelaksanaan Tugas

Polda Bali, Polres Karangasem, Sat Polairud Amlapura,

Rabu, 21/9/2022, pukul 11.10 Wita, PS. Kanit Gakkum Sat Polair Polres Karangasem Aiptu I Wayan Udiana, S.H. melaksanakan kegiatan berkunjung ke Kantor Basarnas Karangasem.

Dalam kegiatan tersebut diterima langsung oleh Kakansar Bali I Gede Darmada didampingi  Koordinator Pos BASARNAS Karangasem I Gusti Ngurah Eka Wiadnyana serta dari Kalak BPBD Kabupaten Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa dan juga dari SPKL Bali Kapten Kadek Lis Martiaveni

Adapun maksud dan tujuan berkunjung ke Kantor Basarnas adalah sebagai bentuk silahturahmi dan juga mempererat sinergitas antar instansi karena sat Polairud juga mengemban pungsi SAR.  

Sehubungan dengan kunjungan tersebut di perlihatkan dan diperagakan peralatan SAR dan juga alat penerangan atau Emergensi light yang berfungsi untuk memberikan penerangan darurat serta peralatan lain yang dimiliki oleh Basarnas. Selain itu juga dibahas untuk kedepannya dalam melakukan SAR  terkait penanggulangan musibah atau bencana yang mungkin terjadi di perairan terkait peralihan cuaca yang disertai angin kencang dan gelombang karena sudah sering terjadi para nelayan yang sedang melaut tidak bisa kembali kedarat ada yang terbawa arus dan juga ada sampai jukungnya terbalik. Dan juga bersama-sama memberikan himbauan terhadap masyarakat Kabupaten Karangasem untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan Covid 19 guna mencegah penyebarannya.

Juga membahas kesepakatan untuk tetap menjalin kebersamaan dalam pelaksanaan tugas untuk kedepannya. Terkait untuk mencegah dan penanggulangan musibah dan bencana di perairan tidak lepas dari kegiatan Pencarian dan penyelamatan (bahasa Inggris: search and rescue; SAR), adalah kegiatan dan usaha mencari, menolong, dan menyelamatkan jiwa manusia yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau menghadapi bahaya dalam musibah-musibah seperti pelayaran, penerbangan, dan bencana. Istilah SAR telah digunakan secara internasional tak heran jika sudah sangat mendunia sehingga menjadi tidak asing bagi orang di belahan dunia manapun tidak terkecuali di Indonesia. Pihak Satuan Polairud dan BASARNAS bersepakat dalam pelaksanaan kegiatan SAR diperairan akan siap menerjunkan armada lautnya diantaranya satu unit Kapal C2 polairud, dua ruber boat polairud, satu unit RIB (Rigid Inflatable Boats) adalah kapal dengan lambung kaku dan tiup yang menggabungkan keuntungan dari kedua kapal kaku dan perahu karet milik Basarnas. 

Usai Pelaksanaan Koordinasi pukul 13.30 Wita, diucapkan terimakasih atas penerimaannya dan pamit untuk kembali melaksanakan tugas di Kantor Sat Polairud Polres Karangasem.