adada
Melayani dengan sepenuh hati
0363-21220

Sat Polairud Polres Karangasem Datang Pesisir Tukad Item Seraya Timur Asal Nelayan yang Mengalami Musibah Jukung Terbalik di Perairan Selat Lombok 

 

Polda Bali - Polres Karangasem - Sat Polairud 

Selasa, 27 September 2022 pukul 08.10 Wita, KBO Sat Polairud Polres Karangasem Ipda I Made Dana didampingi Kasubnit Tindak Sat Polairud Polres Karangasem menyambangi pesisir Tukad Item seraya timur untuk melaksanakan pengecekan terhadap  kejadi  jukung nelayan yang mengalami musibah terbalik di perairan selat Lombok. 

Dari  pengumpulan keterangan oleh Kasubnit tindak terhadap saksi dan korbad diperoleh penjelasan Waktu kejadian Hari Selasa tanggal 27 September 2022 pkl. 05.00 wita dengan Tempat kejadian: Perairan Selat Lombok. 

Korban: atas nama   I Ketut Diarsa, laki-laki, Tukad Item/07-11-1976, umur 46 Tahun, Nelayan, Hindu, Alamat Br. Dinas Tukad Item, Desa Seraya Timur, Kec. dan Kab. Karangasem.

Saksi-saksi  I Gede Mirki, lakis, umur 50 tahun, hindu, nelayan, alamat sama dengan korban, saksi I Kadek Sunarta, lakis, umur 42 tahun, nelayan alamat sama dengan alamat korban

Dan Kronologis kejadian  Pada hari Selasa tgl 27 September 2022 sekira pukul 04.00 wita korban melaut menggunakan jukung miliknya berisi tulisan Raja Laut, sekira pukul 05.00 wita sesampainya di perairan selat lombok jukung korban dihempas gelombang tinggi hingga layar lepas dan jukung terbalik, korban masih berada diatas jukung dengan berpegangan di jukung korban, kemudian korban menelpon adik korban  dan kakak korban untuk menolongnya, kemudian jukung terbawa arus sampai perairan ujung lalu ditarik dengan menggunakan 6 unit jukung milik nelayan lainnya lalu setelah gelombang tenang jukung dibalik ke posisi semula dan dibawa ke pangkalan jukung di pantai songan Tukad Item. 

Musibah Jukung nelayan terbalik disebabkan cuaca buruk, gelombang tinggi dan angin kencang. Dan Akibat kejadian Korban selamat sedangkan jukung korban mengalami kerusakan pada bagian layar dan mesin dengan kerugian sekitar 4 juta rupiah. 

Terkait kejadian ini  KBO Sat polairud Polres Karangase beserta tim mengambil tindakan  Menerima laporan kejadian, Mendatangi TKP, Membantu proses evakuasi jukung korban. Sekira pukul 11.00 Wita  jukung korban dan korban sudah sampai dipesisir Tukad item dengan selamat dan sudah memberikan keterangannya terkait kejadian yang menimpanya.